HIJAZ

Assalamu'alaikum ..

 

Pernah dengar kata Hijaz?? Kata Hijaz itu berasal dari bahasa Arab, secara harfiah artinya pembatas. Namun, Hijaz dikenal sebagai suatu wilayah yang terdiri dari deretan pegunungan, dengan beberapa kota seperti Makkah dan Madinah (Republika.co.id).

Tidak pernah terbayangkan atau bahkan mimpi akan tinggal di luar tanah kelahiran Indonesia. Kini ... sudah hampir 3 tahun kami berdomisili di kota Makkah. Masya Allah ternyata seru juga lho jika sesekali mencoba merantau, banyak menemukan hal-hal yang baru. Dan ... ini beberapa diantaranya :


1. CUACA

Tanah Arab, tentu dikenal dengan cuaca yang panas. Ya.. itu juga pikiran saya ketika mendengar kata Tanah Arab. Arab Saudi sendiri memiliki 2 musim, musim dingin dan panas sama seperti di Indonesia (terus.. bedanya apa dong).

Bedanya itu suhu saat musim panas dan dingin, klo saya bilang ekstrem. Ya.. karna kita orang Indonesia, biasa tinggal dengan cuaca yang boleh dibilang adem (so.. bersyukur khan bisa tinggal di Indonesia).

Di sini, tempat kami tinggal suhu bisa mencapai 15 derajat. Bahkan di beberapa wilayah Saudi bisa mengalami turun salju. Sedangkan saat musim panas bisa mencapai 49 derajat. Jadi.. kebayang khan panas dan dinginnya seperti apa??

Kondisi cuaca yang ekstrem ini yang terkadang menjadi tantangan juga bagi jamaah Indonesia saat haji dan umroh. Dan.. ini berpengaruh sekali sama kesehatan. Seperti mimisan, kulit terasa kering, bibir pecah-pecah. Itu juga yang kami alami saat pertama kali datang. Nah.. senjatanya apa? Banyak minum air putih, sering pakai pelembab dan olive oil. Saking panas nya saat musim panas, orang-orang disini lebih sering beraktifitas di luar rumah saat malam hari. Ini juga yang dahulu dianjurkan dokter anak, hal itu dilakukan untuk menghindari sering terjadinya mimisan.

Saat musim dingin, tetapi matahari tetap bersinar sangat terik.

Ada lagi yang unik di sini, karna Tanah Arab dikelilingi oleh daerah gurun pasir. Jadi... sering terjadi yang namanya badai gurun. Mirip lah... seperti di film 'Mummy' (mmm ... jadul banget ya contoh film nya). Tapi untuk daerah perkotaan, efek nya ga banyak sih ... hanya gelap seperti berkabut.


2. BAHASA

Wilayah Arab, tentunya menggunakan bahasa Arab. Tetapi sekarang, banyak warga nya juga bisa berbahasa Inggris. Bahasa Inggris boleh dibilang seperti bahasa kedua mereka, karna penduduk nya sendiri banyak berasal dari ekspatriat beberapa negara di sekitarnya dan juga tentunya Indonesia. 

Tapi jangan kaget ketika kalian ke sini, bahasa Arab terdengar seperti berbeda dengan bahasa Arab yang sudah kalian pelajari di Indonesia. Ya... karna bahasa Arab sendiri memiliki kosa kata yang sangat beragam, dan dalam percakapan keseharian tentunya mereka menggunakan bahasa yang tidak formal.

Dan ... sampai sekarang, bahasa Arab saya belumlah fasih. Masih kosa kata yang sederhana. Jadi ... klo sudah ada yang bicara panjang lebar, sudah dijamin saya ga paham. Oleh karna nya saya selalu bawa kamus berjalan, tentu saja ... Pak Suami.

Tapi.. memang penting banget belajar bahasa Arab, terutama untuk umat muslim. Paham bahasa Arab, benar-benar membantu banget untuk mempelajari Al Quran. Menyesal juga saya kenapa tidak belajar dari dulu, tapi ... tidak ada kata terlambat untuk belajar kan?


3. MAKANAN

Sering dengar kan.. istilah di Indonesia, belum makan klo belum makan nasi?? Walau disini banyak menu berbau nasi (Nasi Briyani, Nasi mandi, Nasi Kafsah dll), tapi penduduk asli orang Arab sendiri lebih sering makan roti. Makanya ga heran klo membeli makanan khas Arab, walau sudah pesen nasi sering dikasih roti juga (double carbo deh )

Tidak usah sedih akan makanan. Karna sekarang sudah banyak resturan-restauran Indonesia, Malaysia bahkan Thailand. Dan.. makanan itu memang lebih cocok dengan lidah nya orang Indonesia. Oh ya.. ada lagi, restauran lokal yang legend banget. Jamaah Indonesia pasti hafal bener deh, Yup... Al Baik. Restauran fast food mirip-mirip ayam tepung nya KFC itu lho, tapi ini beneran beda rasanya (ini cocok banget di lidah orang Indonesia, malah suka sampai dibawa-bawa ke tanah air untuk oleh-oleh). 

Pasti ada yang tanya nih, soal bumbu - bumbu atau bahan untuk masak disana bagaimana, ada ga? Alhamdulillah disini tersedia lengkap, bahkan sampai jengkol dan pete saja ada yang jual. Tentu ... belinya di toko Asia atau Indonesia ya.

 

4. PAKAIAN

Warga Timur Tengah, pasti sangat mudah dikenal melalui pakaiannya. Ya ... karna pakaian keseharian mereka berbeda dengan warga negara lain. 'Thoub' ... begitu kami menyebut nya disini. Jubah atau gamis panjang yang biasa dipakai oleh laki - laki, warnanya beragam tidak hanya putih. Dan ... yang berbeda lagi, laki - laki pada umumnya memakai penutup kepala yang biasa disebut 'imamah'. 

Tak hanya laki - laki, untuk wanita juga mempunyai ciri khusus dalam berpakaian. Gamis panjang, begitu orang Indonesia jika menyebutkan. Untuk warna nya sendiri lebih dominan warna hitam atau warna - warna gelap. Selain itu, sebagaian besar menggunakan nikob atau cadar. 


Penggunaan warna hitam dan cadar ini, lebih umum di gunakan untuk wilayah Harom yaitu kota Makkah dan Madinah. Karna tanah Harom, yang merupakan tanah suci maka, pemakaian warna hitam dan cadar bertujuan untuk berusaha menjaga dan melindungi kehormatan wanita.

 

5. Sosial Budaya

Secara umum, negara Saudi menerapkan hukum syariah Islam. Khususnya untuk kota - kota Harom Makkah dan Madinah. Jadi ... akan jarang melihat prempuan - prempuan berjalan sendiri keluar rumah tanpa mahrom. Bukan karna banyaknya kasus kriminal melainkan demi menjaga kehormatan wanita. 

Klo di Indonesia, kalian mengantri di suatu tempat bergabung dengan laki - laki. Tidak untuk disini, prempuan akan punya jalur antrian berbeda atau bahkan pintu masuk khusus kecuali jika kalian datang bersama keluarga. Dan ... pada umumnya, prempuan selalu didahulukan (slogan ladies first)

Tetapi ... ada hal baru nih, dahulu prempuan dilarang untuk menyetir mobil sendiri. Namun, sekarang wanita dibolehkan untuk menyetir sendiri. Jadi ... bagi kalian prempuan jika kesini dan mau menyetir sendiri tentu bisa, asalkan sudah punya surat ijin mengemudi ya ...

 

Setiap negara tentu nya memiliki ke khas-an nya masing -  masing. Bukan lebih baik atau tidak. Klo kata anak sulung saya, saya Cinta Indonesia karna saya lahir disana dan negara nya sejuk tapi saya juga cinta Saudi Arabia karna ada 2 kota suci yang selalu dijaga oleh Allah SWT.

 Dimana bumi dipijak, disana langit dijungjung. Selamat merantau sahabat. 


Wasallamu'alaikum

 
 
 
 

 

 

3 Comments:

 

STORY OF ME Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template