Semua Perlu Ilmu

 Makkah, 22 Dzulhijah 1442 H


Bismillah...



Moms... Menu apa sih yang paling disukai di rumah? Tentunya setiap keluarga punya menu favorit ya, dan tidak usah dibandingkan soal rasa nya dengan masakan orang lain. Klo saya pribadi yang penting suami dan anak - anak suka itu sudah cukup, jika ternyata masakan menghasilkan rasa yang enak pake banget maka itu bonus.


Semua berproses, ternyata niat saja tidak cukup untuk mendapatkan hasil yang baik. Butuh ilmu Moms. Sama seperti resep satu ini, Pandan Cotton Cake With Caramel Pudiing yang ternyata tidak hanya cemplung - cemplung dan kocok - kocok jadi deh. Untuk saya yang katagori Emak - Emak yang tidak jago masak, buat cake ini butuh perjuangan juga. Percobaan kedua pun ini ternyata belum mendapatkan penampilan yang bagus.


Alhamdulillah yang bikin happy ketika buat cake ini adalah ketika seluruh keluarga suka. Terutama suami yang biasanya memang tidak terlalu suka dengan makanan yang manis sejenis cake. Namun, untuk cake yang satu ini ia suka pake banget, entah itu review jujur atau hanya sekedar menyenangkan hati isterinya :).

"Masya Allah enak Bunda, manis nya pas ga terlalu manis" Katanya.

Tentunya mendengar itu wajah isteri berseri - seri dan hidung kembang kempis. Sambil terus memperbaiki penampilan si cake ini. Harus cari - cari lagi informasi plus ilmunya bagaimana supaya penampilannya seperti pada resep aslinya. 


Pengalaman ini membuat saya teringat pesan seorang guru (Semoga Allah merahmati beliau dan keluarganya), bahwa urusan duniawi saja segalanya perlu ilmu. Begitu pula dalam beribadah, hanya mengandalan niat ikhlas kepada Allah SWT saja tidaklah cukup. Karna syarat diterimanya sebuah amal ibadah ada 2:

1. Niat ikhlas karna Allah SWT.

2. Tata caranya benar sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah saw.


Jadi... Moms, tetap semangat untuk mengumpulkan resep yang 'berseliweran' di jagad maya  ya dan juga semangat untuk dieksekusi. 


Resep Pandan Catton Cake With Caramel Pudding

Bahan:

Lapisan caramel: 80 gr gula pasir (Lelehkan pada wadah anti lengket sampai seluruhnya menjadi caramel. Tidak boleh diaduk aduk, jika gula semuanya sudah larut, diaduk sambil diberi air sebanyak 2 sdm), Lalu tuang ke loyang sambil digoyangkan hingga rata di dasar loyang.

Lapisan Puding: 3 Butir telur utuh

                                60 gr gula pasir

                                1 sdt pasta vanila

                                250 ml susu evaporasi

*Aduk rata semuanya menggunakan whisk, saring dan tuang di atas lapisan caramel tadi secara perlahan, sisihkan.

Lapisan Pandan Cake: 

Bahan A: 3 Kuning telur

                  1 Telur utuh

                   32 gr minyak goreng

                  65 gr santan instant

                   3/4 sdt pasta pandan

                    1 sdt vanila

                    70 gr tepung terigu yang sudah diayak.

*Di wadah, aduk pake whisk telur disusul minyak, disusul santan + pasta pandan. Lalu masukkan tepung terigu sambil diaduk pake whisk sampai rata, sisihkan.

Bahan B: 4 Butir putih telur

                   70 gr Gula Pasir

                   1/4 sdt garam

                 1/4 sdt cram of tar tar ata 1 sdm air jeruk nipis.

*Kocok putih telur + air jeruk nipis sampai keluar busa, masukkan gula pasir bertahap 3x sampai mengembang putih kaku (cukup pada tahap soft peak). Masukkan kocokan putih telur ini ke bahan A, bertahap 3x aduk dengan menggunakan spatula dengan teknik melipat. Tuang campuran adonan ini ke atas loyang yang berisi puding caramel tadi. Lalu panggang dengan cara loyang lebih besar diberi air setinggi 5 cm dari loyang yang berisi adonan. 


Semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)

 

                                




0 Comments:

Posting Komentar

 

STORY OF ME Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template