IndiHome 'Sang Penyelamat'

 Bismillah...





Pertemuanku dengannya dimulai sekitar tujuh tahun lalu, saat dua tahun awal aku menempati rumah baru. Perumahaan yang cukup asri akan tetapi belum ada jaring telepon. Singkat cerita dia datang sungguh di waktu yang tepat, meski pada awalnya aku meragukan kedatangannya.

Telkom Indonesia adalah yang saat itu datang, aku masih meragukannya. Meragukan bahwa ia datang hanya untuk melayani jaringan telepon rumah saja. Karena sebagai orang awam, dahulu mengenal Telkom Indonesia hanyalah berhubungan dengan pemasangan telepon rumah. Sungguh... tidak demikian ternyata. Bermula dari banyaknya keluarga-keluarga muda di lingkungan kami dan memandang bahwa kebutuhan akan internet di masa depan sangatlah penting, secara bergotong royong kami menghubungi pihak Telkom Indonesia melalui IndiHome untuk memasangkan jaringan telepon, jaringan internet dan juga televisi kabel pada rumah-rumah kami. Pemasangan jaringan Indihome yang kami lakukan secara 'masal' ternyata cukup meringankan dan memudahkan bagi kami ketika itu. 


Dokumentasi Pribadi


Setelah tujuh tahun berlalu, dan aku masih setia dengan IndiHome yang saat pandemi dua tahun lalu menjadi 'Penyelamat' ku dan suami serta anak-anak dalam menghadapi sekolah secara daring (Dalam Jaringan) dan kegiatan kami selama di rumah.

Memiliki anak-anak yang masuk ke dalam generasi Z (Katanya) memang tidak dapat menutup mata akan kecanggihan teknologi terutama dalam hal jaringan internet. Bayangkan saja... Saat pandemi yang mengharuskan tubuh berada di dalam rumah, tetapi wawasan serta pengetahuan tidak boleh terkukung di dalam rumah, maka solusi yang dapat diberikan adalah dengan mengakses 'dunia luar' melalui jaringan internet.

Aku dan suami berusaha memilih menggunakan jaringan internet ini secara 'Smart' terutama bagi pendidikan anak-anak. Manfaat internet memang besar, bergantung pada si penggunanya. Seperti pepatah yang mengatakan, internet seperti pisau bermata dua, manfaat internet menjadi tidak terasa jika tidak digunakan dengan 'Smart'.

IndiHome... Kami sebut sebagai 'Penyelamat' saat harus mendampingi anak-anak sekolah secara daring. Layaknya sekolah maka kami harus memiliki bekal pengetahuan yang cukup dalam mendampingi anak-anak belajar. Melalui jaringan internet ini, kami juga mencoba untuk  meng 'edukasi' anak-anak bahwa betapa teknologi saat ini begitu canggih sehingga banyak pengetahuan dapat dengan mudah di akses tetapi juga membekali mereka bagian mana yang tidak boleh di akses oleh mereka.

Manfaat internet saat ini kami gunakan untuk akses anak-anak dalam membaca buku. Melalui situs:

1. www.literacycloud.org 

2. Aplikasi Let's Read 

3. https://bahanbacaan.kemendikbud.go.id. 

Melalui website dan aplikasi tersebut anak-anak dapat tetap membaca meski harus terbatas pergi ke toko buku atau perpustakaan. Melalui aplikasi dan website tersebut dapat pula melatih kemampuan bahasa asing (Bahasa Inggris) anak-anak melalui literasi.

Selain membaca, jaringan internet ini kami akses sebagai sarana untuk mempelajari bahasa asing (Bahasa Arab) untuk anak-anak, melalui media sosial Instagram (IG: marhaban.academy) dan Youtube (Majid Kids-ماجد). Karena mempelajari bahasa asing melalui film animasi dapat dengan mudah diserap oleh anak-anak.

Manfaat internet begitu banyak di semua bidang, seperti hiburan, gaya hidup, parenting, traveling, social media, berita, dan masih banyak lagi. Dan... Aku hanya menyebutkan sebagian kecil dari manfaat internet tersebut. Tetapi memang manfaat internet ini kami rasakan sekali dalam bidang pendidikan. Tak hanya bagi anak-anak melainkan juga bagi kami sebagai orangtua, dalam mengakses informasi dan pengetahuan. 

Telkom Indonesia hadir untuk negeri di seluruh pelosok daerah mulai dari Barat hingga Timur Indonesia, dari daerah pegunungan hingga pesisir pantai. IndiHome merupakan bagian dari Telkom Indonesia yang hadir sebagai Internetnya Indonesia demi kemajuan bangsa, membantu mencerdaskan bangsa melalui penggunaan internet secara bijak. 


Wassalam 



0 Comments:

Posting Komentar

 

STORY OF ME Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template